Rabu, 18 Februari 2015

Program kebersihan lingkungan
Pencegahan penyakit demam berdarah melalui program kebersihan lingkungan, yakni memutus matarantai.demam berdarah dapat dicegah dengan memberantas jentik - jentik nyamuk demam berdarah dengan cara melakukan PNS ( Pembersihan sarang nyamuk).
Upaya tersebut merupakan cara yang terbaik, ampuh, mudah,dan dapat dilakukan oleh masyarakat, dengan cara sebagai berikut:
  1. Bersihkan ( kuras ) tempat penyimpanan air ( seperti:bak mandi /wc,drum dan lain - lain ) sekurang - kurangnya seminggu sekali.
  2.  Tutuplah rapat - rapat tempat penumpangan air, seperti tempayan, drum, dan lain - lain  agar nyamuk tidak dapat masuk dan berkembang biak di tempat itu.
  3. Kubur atau buanglah pada tempatnya barang - barang bekas, seperti kaleng bekas,ban bekas,botol - botol pecah  dan lain - lain yang dapat menampung air hujan,agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk.
  4. Tutuplah lubang - lubang pagar pada pagar bambu dengan tanah atau adukan semen.
  5. lipatlah pakaian /kain yang bergantung dalam kamar agar nyamuk tidak hinggap di situ.
  6. untuk tempat - tempat air tidak mungkin atau sulit dikuras, taburkan bubuk abate ke dalam genangan air tersebut untuk membunuh jentik - jentik nyamuk.

1 komentar: